Tuesday, November 20, 2012

Belajar Bijak Tepat dengan Filsafat


Belajar Bijak Tepat  dengan Filsafat

Pada pertemuan kedua, mata kuliah filsafat mempelajari kegunan filsafat dalam kehidupan sehari hari. Para mahasiwa memaparkan pertanyaan pertanyaan tentang  filsafat. Pada pertemuan ini, kami sudah mulai meresapi tentang filsafat.
Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Filsafat tidak didalami dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk itu, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu.
Dalam membangun tradisi filsafat banyak orang mengajukan pertanyaan yang sama , menanggapi, dan meneruskan karya-karya pendahulunya sesuai dengan latar belakang budaya, bahasa, bahkan agama tempat tradisi filsafat itu dibangun. Oleh karena itu, filsafat biasa diklasifikasikan menurut daerah geografis dan latar belakang budayanya. Dewasa ini filsafat biasa dibagi menjadi dua kategori besar menurut wilayah dan menurut latar belakang agama.
Hal penting yang dapat saya ambil dalam pembelajaran minggu lalu adalah pengalaman dan fokus. Dalam hidup tentu kita tidak lepas  dengan namanya pengalaman. Setiap hari kita selalu meciptakan pengalaman, dan kita bisa menjadi lebih bijak dengan belajar dari pengalaman. Yang kedua adalah tentang fokus. Dalam mengerjakan sesuatu kita harus fokus terhadap kegiatan yang kita lakukan. Dengan fokus kita bisa  mendapatkan hasil yang maksimal.
Banyak hal yang kita dapat dari filsafat. Banyak manfaat ketika belajar filsafat. filsafat itu dapat memberikan ketenangan pikiran dan kemantapan hati, berfilsafat itu berarti mengatur hidupnya seinsaf-insafnya, senetral-netralnya dengan perasaan tanggung jawab, yakni tanggung jawab terhadap dasar hidup yang sedalam-dalamnya, baik Tuhan, alam, atau pun kebenaran. Filsafat tidak ada artinya sama sekali apabila tidak universal, baik dalam ruang lingkupnya maupun dalam semangatnya.
Demikian hasil refleksi saya dengan belajar filsafat kita belajar tentang kehidupan, sehingga kita menjadi lebih bijak  dalam menjalani hidup.  Semoga bermanfaat.  Ambil yang baik dan buang yang buruk.

No comments:

Post a Comment