Tuesday, November 20, 2012

Uniknya filsafat Membawa Nikmat


Uniknya filsafat Membawa Nikmat

Pada semester ini, yaitu semester 7 ini saya mendapat mata kuliah yang cukup asing bagi saya. Mata kuliah yang menurut saya amatlah tidak penting pada awalnya. Tetapi setelah saya mengikuti kuliah perdana, saya sadar bahwa mata kuliah ini, mata kuliah filsafat adalah mata kuliah yang penting. Dalam mata kuliah ini, diajarkan materi materi yang berhubungan dengan kehidupan dan spritual. Jujur, saya pun merasa bingung dan tertawa geli sedikit ketika membaca bacaan tentang filsafat karena saya belum bisa memahami filsafat secara seutuhnya.
Pada pertemuan perdana minggu lalu, bapak DR. Marsigit memaparkan sedikit tentang filsafat. Beliau menjelaskan beberapa hal yang menurut saya sangat bermanfaat. Saya meringkas hal hal tersebut menjadi beberapa hal yaitu filsafat itu hidup, spritual, reflektif, dan keadilan. Dengan belajar berfilsafat, kita diajarkan untuk bersifat adil terhadap semuanya. Bersikap adil bukan berarti memberikan sesuatu sama porsinya terhadap semuanya tetapi memberikan sesuatu sesuai porsinya. Di mata kuliah ini, saya diajarkan cara cara bersikap adil terhadap semuanya, dan tentunya saya akan merealisasikan di kehidupan nyata.
Kemudian yang kedua Hidup. Kalau menurut saya hidup itu adalah waktu dimana manusia bernyawa, tumbuh, dan berkembang. Dan setiap orang yang hidup pasti mempunyai kehidupan dan setiap kehidupan pasti ada masalah, dan setiap manusia melewati masalah pasti ada pengalaman, setiap pengalaman maka ada hikmah yang diambil, dan setiap hikmah yang diambil pasti ada pendewasaan. Filsafat tiap orang berbeda beda, tapi yang terpenting adalah janganlah mencela filsafat orang lain.
Dalam berfilsafat kita juga harus mendasari hati kita dengan iman yang kuat, karena filsafat itu berkaitan dengan pikiran dan pikiran itu liar. Maka harus diimbangi dengan hati yang baik supaya kita tidak terjerumus ke dalam fikiran yang sesat. Yang terakhir filsafat itu reflektif, yaitu kita terkadang harus berhenti sejenak dalam segala sesuatu. Sejenak memikirkan apa saja yang telah kita perbuat untuk kita bisa lakukan langkah selanjutnya yang lebih bijiak dari sebelumnya.
Demikian hasil refleksi saya, bahwa filsafat itu unik, dengan belajar filsafat kita belajar tentang kehidupan, sehingga kita merasa nikmat dalam menjalani hidup.  Semoga bermanfaat.  Ambil yang baik dan buang yang buruk.

 Pertanyaan
1.      Apakah filsafat hanya berkaitan dengan hal-hal abstrak yang tidak mengena pada masalah-masalah kehidupan konkrit ?
2.      Bagaimana filsafat mengajarkan tentang keadilan ?

No comments:

Post a Comment