Friday, November 4, 2011

english15


Developing Teacher Training Textbooks for Lesson Study in Indonesia

By Dr. Marsigit, M.A.
Reviewed by Dwi Istanto(09301241030)


Keberhasilan suatu pembelajaran dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya adalah buku pegangan. Ketersediaan buku pegangan merupakan salah satu faktor yang menentukan kualitas dari proses belajar mengajar. Sebaiknya yang memilih buku untuk siswa adalah siswa karena sekolahlah yang mengetahui buku mana yang cocokuntuk siswa mereka.
Hal ini juga berarti siswa memiliki kebebasan untuk memilih bukunya sendiri tanpa ada campur tangan dari guru dan sekolah.namun terdapat hambatan dalam pelaksanaan buku pegangan ini. Masih banyak siswa yang tidak bisa membeli buku karena masalah ekonomi. Ini menjadi masalah dan tanggung jawab kita semua agar para siswa dapat membeli buku yang dibutuhkan.
Di indonesia, yang menjadi masalah adalah masih banyak guru yang belumbisa menulis buku dengan baik. Hal ini dikarenakan pengetahuan mereka yang masih kurang.

 Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menulis sebuah buku pegangan :

1. Mencari  ide
    Kita harus memilih ide terlebih dahulu. Lalu pahami materi yang hendak ditulis
2. Mepersiapkan rencana awal
    Mengumpulkan data data yang akan digunakan dari berbagai sumber
3. Melakukan  penulisan pertama
    mulailah menulis jika ide dan data data sudah diperoleh
4. Melakukan evaluasi
      setelah melakukan penulisan. Hal yang harus dilakukan adalah kegiatan evaluasi. Hal ini          bertujuan untuk meminimalisir kesalahan
5.  Bekerja sama dengan penerbit.
Dalam hal ini, sebagai penulis harus bisa meyakinkan penerbit tentang tujuan buku itu dengan teori dan filosifi didalamnya.

dengan guru membuat buku pegangan sendiri. Diharapkan buku itu lebih berguna bagi pembelajaran karena guru lebih mengetahui yang dibutuhkan para siswa. Dan pada akhirnya dapat membuat para siswa menyukai matematika

No comments:

Post a Comment