Friday, November 4, 2011

english16


PHILOSOPHICAL AND THEORETICAL GROUND OF MATHEMATICS EDUCATION
By Dr. Marsigit, M.A.
Reviewed by Dwi Istanto(09301241030)


Filsafat mengenai matematika sangatlah luas dan umum. Filsafat pendidikan matematika meliputi beberapa masalah pendidikan matematika yaitu ideologi, landasan dan tujuan dari matematika itu sendiri.
 Dalam rangka memberi gambaran yang jelas tentang peran studi filsafat matematika dan hubungannya dengan lokakarya kegiatan dan akan dibahas tentang sifat pengembangan sumber daya manusia dan sifat studi pelajaran dalam pendidikan matematika.

Menurut Paul Ernest (1994), studi filsafat pendidikan matematika berakibat pada praktek mengajar matematika melalui isu-isu tercermin pada pertanyaan berikut:
"Apa teori dan epistemologi mendasari pengajaran matematika? Apakah asumsi ini berlaku? Berarti apa yang diadopsi untuk mencapai tujuan matematika pendidikan? Apakah tujuan dan sarana yang konsisten? Apa metode, sumber daya dan teknik yang telah dan mungkin digunakan dalam pengajaran matematika? Apa teori-teori mendukung penggunaan informasi yang berbeda dan teknologi komunikasi dalam mengajar matematika? Apa yang membuat nilai-nilai yang membawa teknologi ini dengan mereka, baik yang dimaksudkan dan tidak disengaja? Apa itu untuk mengetahui kepuasan matematika di tujuan pengajaran
matematika? Bagaimana belajar mengajar matematika harus dievaluasi dan
dinilai? Apa peran guru?  Dan masih banyak lagi

 peran studi filsafat matematika sangat lah luas. dapat dikatakan bahwa filosofi pendidikan matematika bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang status dan dasar dari objek pendidikan matematika, yaitu ontologis mengklarifikasi sifat dari masing-masing komponen pendidikan matematika, dan epistemologis mengklarifikasi apakah semua pernyataan yang bermakna pendidikan matematika memiliki tujuan dan menentukan kebenaran.
Pada intinya, tujuan mempelajari filsafat matematika adalah supaya pembelajaran matematika menjadi lebih bermakakna dan berguna di kehidupan sehari hari.

No comments:

Post a Comment