Wednesday, January 11, 2012

english20 (Promoting Student Thinking on the Concept of Least Common Multiple (LCM) Through Realistic Approach in the 4th Grade of Primary Mathematics Teaching)

Promoting Student Thinking on the Concept of
Least Common Multiple (LCM) Through Realistic Approach in the 4th Grade of Primary Mathematics Teaching
By Dr. Marsigit, M.A.
Reviewed by Dwi Istanto(09301241030)


Makalah ini membicarakan  tentang gambaran mathematikal dalam pemikiran siswa tentang pembelajaran KPK pada kelas 4 sekolah dasar di Indonesia. Kurikulum yang dipakai untuk mendefinisikan matematika sekolah disini adalah kurikulum berbasis sekolah atau yang disebut juga dengan KTSP. Kurikulum ini menggabungkan dua paradigma, di satu sisi menekankan pada kompetensi siswa, tetapi juga, di sisi lain, tentang proses belajar siswa.

Matematika di sekolah dasar memiliki fungsi untuk mendorong siswa untuk berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif dan mampu berkolaborasi dengan orang lain. Berpikir matematika didefinisikan sebagai kegiatan siswa untuk mengkomunikasikan ide-ide matematika dengan menggunakan simbol, tabel, diagram dan sumber-sumber lain dengan tujuan siswa dapat memecahkan masalah mereka.  Implementasi kurikulum matematika sekolah dasar di ruang kelas adalah untuk mengembangkan ketrampilan memecahkan masalah. Dalam memecahkan maslah siswa perlu berpikir kreatif untuk mengembangkan cara dan alternatif pemecahan masalah.
Ketika kita fokus pada pelajaran matematika, kita hanya terfokus pada pengetahuannya dan lupa untuk mengembangkan Sikap, Mathematical Thinking, dan Representasi.
Proses pembelajaran dimulai dari masalah kontekstual. Menggunakan aktivitas di horisontal mathematization. Dengan melaksanakan kegiatan seperti pemecahan, membandingkan dan mendiskusikan, siswa menyepakati dengan vertikal mathematization dan berakhir dengan solusi matematika. Kemudian, siswa menafsirkan solusi serta strategi yang digunakan untuk masalah kontekstual lain.

No comments:

Post a Comment