Wednesday, January 11, 2012

english24 (The Iceberg Approach of Learning Fractions in Junior High School: Teachers’ Simulations of Prior to Lesson Study Activities)

The Iceberg Approach of Learning Fractions in Junior High School:
Teachers’ Simulations of Prior to Lesson Study Activities
By: Dr. Marsigit, M.A
Reviewed by Dwi Istanto(09301241030)



Matematika merupakan sesuatu yang menjadi masalah bagi sebagianbesar siswa. Karena matematika merupakan mata peljran yang objek pembelajaranya abstrak. Matematika harus dekat dengan siswa dalam situasi kehidupan sehari-hari.
Maka dari itu, tugas guru adalah membuat para siswa untuk menyukai matematika tidak mlah takut dan benci kepada matematika.Belajar matematika akan lebih efektif jika dipandu dengan strategi mengajar guru dan lingkungan yang bisa menginspirasi siswa. Kompetensi yang harus dilakukan oleh siswa meliputi afektif, kognitif dan psikomotor kompetensi.
Fungsi Pelajaran matematika di SMP adalah agar siswa berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif, dan mampu berkolaborasi dengan orang lain. Ketrampilan  kreatif siswa akan terlihat ketika menghadapi masalah. Apakah siswa itu mampu memecahkan masalah apa tidak. Karena siswa yang kreatif akan mampu memecahkan masalah baik masalah terbuka maupun tertutup. Dalam memecahkan masalah siswa perlu kreatif untuk mengembangkan model matematika sehingga dapat menemukan solusinya
Guru dan siswa perlu membangun hubungan matematis untuk memfasilitasi pertanyaan, interaksi dan kegiatan siswa. Banyaknya metode matmatika dapat memberikan gambaran yang jelas tehadap masalah yang mereka hadapi. Kelompok diskusi kecil bisa mambantu guru dalam menjelaskan pengertian formal, hubungan dan operasi.
Semoga dengan kerjasma dari bebagai pihak, pembelajaran matematika akan terasa menyenangkan dan siswa akan  menyukai matematika.

No comments:

Post a Comment